RSS

Arsitektur dan Organisasi Komputer - Ringkasan

Muhamad Nicky
2010 435 1382
Ringkasan Arsitektur dan Organisasi Komputer



Ringkasan Arsitektur dan Organisasi Komputer

OSI singkatan dari (OPEN SYSTEM INTERCONNECT)
ujuan dari OSI : mencapai interoperability,  dengan membuat suatu gudeline cara mentransmisikan data melalui jaringan antara komputer-komputer atau device lain yang mempunyai hardware, software dan OS yang berbeda-beda.
-           Physical Layer : Merubah bit informasi ke dalam pulsa-pulsa listrik
-           Data Link Layer : Melakukan framing data sebelum dikirimkan ke physical layer
-           Network Layer : Menterjemahkan logical address ke physical address
-           Transport Layer : Melakukan pengecekan apakah data yang dikirim tidak mengalami error.
Session Layer : Mendeskripsikan bagaimana sebuah komunikasi antar komputer dibentuk, disinkronkan, dimaintain, dan diakhiri.
-           Presentation Layer : Berfugsi untuk formating untuk pertukaran data (data exchange).
-           Application Layer : Sebagai interface (antarmuka) antara jaringan dan aplikasi yang dipakai oleh user untuk memanfaatkan jaringan.

OPERATING SYSTEM SERVICE :
·          Pembuatan program (program creation) : Sistem operasi menyediakan beragam fasilitas dan layanan untuk membantu pemrogram menulis program seperti edotor, biasanya berbentuk program utilitas. Program utilitas bukan bagian sistem operasi tapi dapat diakses lewat sistem operasi.
·          Eksekusi program : Sejumlah tugas perlu dilakukan untuk mengeksekusi program. Instruksi-instruksi dan data harus dimuat ke memori utama, perangkat-perangkat masukan/keluaran dan berkas-berkas harus diinialisasi, serta sumber daya-sumber daya harus disiapkan. Sistem operasi harus menangani semua itu untuk pemakai/program.
·          Pengaksesan perangkat masukan : Program yang sedang dijalankan kadang kala membutuhkan Masukan/Keluaran. Untuk efisiensi dan keamanan, pengguna biasanya tidak bisa mengatur peranti Masukan/Keluaran secara langsung, untuk itulah sistem operasi harus menyediakan mekanisme dalam melakukan operasi Masukan/Keluaran. 
·          Pengaksesan system : Pada sistem public atau pemakai bersama (shared sistem), sistem operasi mngendalikan pengaksesan ke sumber daya-sumber daya sistem secara keseluruhan. Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sumber daya dan data dari pemakai tak diotorisasi serta harus menyelesaikan konflik-konfik dalam perebutan sumber daya.
·          Deteksi dan memberi tangggapan terhadap kesalahan : Sistem operasi harus selalu waspada terhadap kemungkinan error. Error dapat terjadi di CPU dan memori perangkat keras, Masukan/Keluaran, dan di dalam program yang dijalankan pengguna. Untuk setiap jenis error sistem operasi harus bisa mengambil langkah yang tepat untuk mempertahankan jalannya proses komputasi. Misalnya dengan menghentikan jalannya program, mencoba kembali melakukan operasi yang dijalankan, atau melaporkan kesalahan yang terjadi agar pengguna dapat mengambil langkah selanjutnya. 
Type of operating system :
·          Real-time Operating System.
·          Multi-user dan Single-user Operating System.
·          Multi-tasking dan tasking Operating System-Single.
·          Distributed Operating System.
·          Embedded System.
Perbedaan single programing dan multi programing ?
Pada single programming, satu processor mengerjakan satu program yang ada di memori utama, sedangkan pada multiprogramming satu processor dapat mengerjakan banyak program yang ada di memori utama.
Apa yang dimaksud dengan MAR, MBR, DOA, KEMEL?
-           MAR (MEMORY ADDRESS REGISTER) : Register yang berisi alamat yang mana alamat tersebut adalah alamat dari sel memory.
-           MBR (MEMORY DATA REGISTER) : register yang berisi data, baik data yang berasal dari prosesor maupun memory
-           DOS : sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus.
-           KERNEL : suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.














Move, store, load, exchange :
-           MOVE : memindahkan word atau blok dari sumber ke tujuan
-           STORE : memindahkan word dari prosesor ke memori
-           LOAD : memindahkan word dari memori ke prosesor / Memuatkan data ke momori
-           EXCHANGE : menukar isi sumber ke tujuan
elemen – elemen dari intruksi :
a.        Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
b.        Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
c.        Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
d.        Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi berikutnya setelah instruksi yang dijalankan selesai
Macam – macam dari intruksi :
a.      Intruksi Boolean
b.     Intruksi Aritmatik
c.      Intruksi Transfer Data
d.     Intruksi Percabangan dalam Perogram
Organisasi Komputer :
  • Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional
  • Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur Komputer :
  • atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
  • Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Apa saja yang ada didalam bus :
-           Bus Sistem, yang menghubungkan CPU dengan RAM
-           BUS I/O, yang menghubungkan CPU dengan komponen – komponen lain

Jenis – jenis BUS :
a.        BUS ISA                   : Merupak BUS kecepatan rendah dan tua,
b.        BUS PCI                  : BUS kecepatan tinggi yang baru
c.        USB   : Merupakan BUS kecepatan rendah yang baru
d.        BUS AGP                : Hanya digunakan untuk kartu grafis

-           Disk Array             : merupakan sebuah sistem penyimpanan data yang menghubungkan harddisk fisik (Physical Hard Drie) pada drive berukuran besar untuk keperluan data control dan keamanan.
-           NAS                           : teknologi media penyimpanan (storage) yang terhubung ke jaringan, dan merepresentasikan teknologi penyimpanan (storage) dan jaringan.
-           RAM                          : tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
-           SATA                         : adalah interface drive generasi berikutnya, sebagai lanjutan dari model tradisional Paralel ATA (PATA).
Arsitektur Jaringan meliputi :
l   Ethernet : adalah tipe hubungan antar LAN yang paling populer saat ini  yang dipatenkan oleh perusahaan Xerox.
l   Token Ring : Token Ring awalnya dikembangkan oleh IBM dan didesain menjadi sebuah arsitektur jaringan yang diandalkan pada integrasi sistem-sistem kerangka utama IBM misalnya AS/400, untuk menyambung ke jaringan-jaringan kerangka utama.
l   Fiber Distributed Data Interface  (FDDI) : FDDI (Fiber Distributed Data Interchange) melaju pada kabel serat-optik, dan berkecepatan tinggi.  FDDI melaju dengan kecepatan 100 Mbps, dan topologinya adalah sebuah ring ganda.  Ring sebelah luar disebut ring primer dan ring sebelah dalam disebut ring sekunder.
l   AppleTalk : Jaringan Appletalk didesain,  untuk menyambung komputer-komputer Apple, dan komponen-komponen perangkat lunaknya dibangun dalam sistem operasi Macitosh.
l   ARCnet : ARCnet merupakan teknologi LAN yang didesain untuk kelompok-kelompok kerja kecil dan itu merupakan sebuah arsitektur yang sangat sederhana dan tidak mahal.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Comment-Comment Dong