Muhamad Nicky
2010 435 1382
Ringkasan Arsitektur dan Organisasi Komputer
Ringkasan Arsitektur dan Organisasi
Komputer
OSI singkatan dari (OPEN SYSTEM INTERCONNECT)
ujuan dari OSI : mencapai
interoperability, dengan membuat suatu
gudeline cara mentransmisikan data melalui jaringan antara komputer-komputer
atau device lain yang mempunyai hardware, software dan OS yang berbeda-beda.
-
Physical Layer : Merubah bit informasi ke dalam
pulsa-pulsa listrik
-
Data Link Layer : Melakukan framing data sebelum
dikirimkan ke physical layer
-
Network Layer : Menterjemahkan logical address
ke physical address
-
Transport Layer : Melakukan pengecekan apakah
data yang dikirim tidak mengalami error.
Session Layer : Mendeskripsikan bagaimana sebuah komunikasi antar komputer
dibentuk, disinkronkan, dimaintain, dan diakhiri.
-
Presentation
Layer : Berfugsi untuk formating untuk
pertukaran data (data exchange).
-
Application
Layer : Sebagai interface (antarmuka)
antara jaringan dan aplikasi yang dipakai oleh user untuk memanfaatkan jaringan.
OPERATING SYSTEM SERVICE
:
·
Pembuatan program (program creation) : Sistem operasi menyediakan beragam
fasilitas dan layanan untuk membantu pemrogram menulis program seperti edotor,
biasanya berbentuk program utilitas. Program utilitas bukan bagian sistem
operasi tapi dapat diakses lewat sistem operasi.
·
Eksekusi program : Sejumlah tugas perlu dilakukan untuk mengeksekusi program.
Instruksi-instruksi dan data harus dimuat ke memori utama, perangkat-perangkat
masukan/keluaran dan berkas-berkas harus diinialisasi, serta sumber daya-sumber
daya harus disiapkan. Sistem operasi harus menangani semua itu untuk
pemakai/program.
·
Pengaksesan perangkat masukan : Program yang sedang dijalankan kadang kala
membutuhkan Masukan/Keluaran. Untuk efisiensi dan keamanan, pengguna biasanya
tidak bisa mengatur peranti Masukan/Keluaran secara langsung, untuk itulah
sistem operasi harus menyediakan mekanisme dalam melakukan operasi
Masukan/Keluaran.
·
Pengaksesan system : Pada sistem public atau pemakai bersama (shared
sistem), sistem operasi mngendalikan pengaksesan ke sumber daya-sumber daya
sistem secara keseluruhan. Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi
terhadap sumber daya dan data dari pemakai tak diotorisasi serta harus
menyelesaikan konflik-konfik dalam perebutan sumber daya.
·
Deteksi dan memberi tangggapan terhadap kesalahan : Sistem operasi harus selalu waspada
terhadap kemungkinan error. Error dapat terjadi di CPU dan memori perangkat
keras, Masukan/Keluaran, dan di dalam program yang dijalankan pengguna. Untuk
setiap jenis error sistem operasi harus bisa mengambil langkah yang tepat untuk
mempertahankan jalannya proses komputasi. Misalnya dengan menghentikan jalannya
program, mencoba kembali melakukan operasi yang dijalankan, atau melaporkan
kesalahan yang terjadi agar pengguna dapat mengambil langkah selanjutnya.
Type of operating system
:
·
Real-time
Operating System.
·
Multi-user
dan Single-user Operating System.
·
Multi-tasking
dan tasking Operating System-Single.
·
Distributed
Operating System.
·
Embedded
System.
Perbedaan single programing dan multi
programing ?
Pada single programming, satu processor mengerjakan
satu program yang ada di memori utama, sedangkan pada multiprogramming satu
processor dapat mengerjakan banyak program yang ada di memori utama.
Apa yang dimaksud dengan MAR, MBR, DOA, KEMEL?
-
MAR (MEMORY ADDRESS REGISTER) : Register yang berisi alamat yang mana alamat tersebut adalah
alamat dari sel memory.
-
MBR (MEMORY DATA
REGISTER) : register yang
berisi data, baik data yang berasal dari prosesor maupun memory
-
DOS : sistem operasi yang
menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada
dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa
aplikasi software, misalnya WS dan Lotus.
-
KERNEL : suatu perangkat lunak
yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani
bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Move, store, load, exchange :
-
MOVE :
memindahkan word atau blok dari sumber ke tujuan
-
STORE :
memindahkan word dari prosesor ke memori
-
LOAD :
memindahkan word dari memori ke prosesor / Memuatkan data ke momori
-
EXCHANGE
: menukar isi sumber ke tujuan
elemen – elemen dari intruksi :
a.
Operation Code (opcode) :
menentukan operasi yang akan dilaksanakan
b.
Source Operand Reference : merupakan input bagi
operasi yang akan dilaksanakan
c.
Result Operand Reference : merupakan hasil dari
operasi yang dilaksanakan
d.
Next instruction Reference :
memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi berikutnya setelah
instruksi yang dijalankan selesai
Macam –
macam dari intruksi :
a.
Intruksi Boolean
b.
Intruksi Aritmatik
c.
Intruksi Transfer Data
d.
Intruksi Percabangan dalam Perogram
Organisasi Komputer :
- Bagian yang terkait
erat dengan unit–unit operasional
- Contoh: teknologi
hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur Komputer :
- atribut–atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh: set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Apa saja yang ada didalam bus :
-
Bus Sistem, yang menghubungkan CPU dengan RAM
-
BUS I/O, yang menghubungkan CPU dengan komponen – komponen
lain
Jenis – jenis BUS :
a.
BUS ISA
: Merupak BUS kecepatan rendah dan tua,
b.
BUS PCI :
BUS kecepatan tinggi yang baru
c.
USB : Merupakan BUS
kecepatan rendah yang baru
d.
BUS AGP :
Hanya digunakan untuk kartu grafis
-
Disk Array :
merupakan sebuah sistem penyimpanan data yang menghubungkan harddisk fisik
(Physical Hard Drie) pada drive berukuran besar untuk keperluan data control
dan keamanan.
-
NAS :
teknologi media penyimpanan (storage) yang terhubung ke jaringan, dan
merepresentasikan teknologi penyimpanan (storage) dan jaringan.
-
RAM :
tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan &
menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah
menjadi informasi.
-
SATA :
adalah interface drive generasi berikutnya, sebagai lanjutan dari model
tradisional Paralel
ATA (PATA).
Arsitektur
Jaringan meliputi :
l Ethernet :
adalah tipe hubungan antar LAN yang paling populer saat ini yang dipatenkan oleh perusahaan Xerox.
l Token Ring : Token
Ring awalnya dikembangkan oleh IBM dan didesain menjadi sebuah arsitektur
jaringan yang diandalkan pada integrasi sistem-sistem kerangka utama IBM
misalnya AS/400, untuk menyambung ke jaringan-jaringan kerangka utama.
l Fiber
Distributed Data Interface (FDDI) : FDDI
(Fiber Distributed Data Interchange) melaju pada kabel serat-optik,
dan berkecepatan tinggi. FDDI melaju
dengan kecepatan 100 Mbps, dan topologinya adalah sebuah ring ganda. Ring sebelah luar disebut ring primer dan
ring sebelah dalam disebut ring sekunder.
l AppleTalk :
Jaringan Appletalk didesain, untuk
menyambung komputer-komputer Apple, dan komponen-komponen perangkat lunaknya
dibangun dalam sistem operasi Macitosh.
l ARCnet : ARCnet
merupakan teknologi LAN yang didesain untuk kelompok-kelompok kerja kecil dan
itu merupakan sebuah arsitektur yang sangat sederhana dan tidak mahal.
0 comments:
Post a Comment
Comment-Comment Dong